AS jamin sekutunya yang gelisah diusili Korea Utara

amerika serikat menegaskan lagi komitmennya melindungi jepang dengan deterens nuklir sesudah meningkatnya ancaman perang nuklir dari korea utara, pada pembicaraan di tiga hari antara kaum diplomat juga pejabat pertahanan as - jepang.

pertemuan dua tahunan itu diselenggarakan di pangkalan angkatan laut kitsap di negara pihak washington. selama sana para pejabat jepang diajak tur menyaksikan sebuah kapal selam serta fasilitas peluru kendali trident yang adalah bagian dari arsenal nuklir as.

pembicaraan ini dirancang supaya meyakinkan sekutu-sekutu kita kiranya as memperpanjang deterens dengan kredibel, andal juga berdaya tahan, papar bagian as seperti dikutip afp.

korea utara serta jepang sempat akan mengembangkan kemampuan nulklir strategisnya namun as memastikan kedua sekutunya itu bahwa bomber, kapal selam dan peluncur rudal nuklir mereka dapat menjawab seluruh potensi ancaman, tidak merujuk ancaman korea utara.

Informasi Lainnya:

korea utara diperkirakan hendak meluncurkan peluru kendali jarak menengahnya dalam pantai timur negara tersebut menjelang selebrasi nasional 15 april lusa.

jepang dan adalah satu-satunya negara dan pernah mengalami serangan nuklir, sudah memerintahkan militernya menembak jatuh setiap peluru kendala dan diluncurkan korea utara yang mengarah ke wilayahnya, demikian afp.