KPU masih periksa berkas Susno Duadji

komisi pemilihan umum (kpu) baru memeriksa berkas susno duadji dijadikan bakal calon anggota legislatif partai bulan bintang (pbb) daripada daerah pemilihan bandung, jawa barat, terkait status hukumnya.

penyelenggara pemilu sedang memeriksanya, kalau dia sudah dijatuhi hukuman, ya dia kena kriteria yang tak boleh registrasi menjadi calon, tutur komisioner kpu, hadar nafis gumay, pada jakarta, senin.

hadar menyampaikan, calon yang dijatuhi hukuman pidana tak memenuhi syarat agar mendaftarkan diri untuk calon anggota legislatif sementara kecuali dia sudah menjalani hukuman.

selain itu, ia menunjukan, bakal calon anggota legislatif dan demikian harus menggandeng surat keterangan dari kepolisian kiranya dia sudah menjalani hukuman dan mengumumkan kepada umum bahwa dia sudah dihukum.

Informasi Lainnya:

sementara menurut pasal 4 huruf g peraturan kpu no.7/2013 yang diubah melalui peraturan kpu no.13/2013, bakal calon anggota legislatif wajib mengikuti persyaratan tidak sudah dijatuhi pidana penjara menurut putusan pengadilan dan sudah mengakibatkan kekuatan hukum tetap sebab mengerjakan tindak pidana yang diancam melalui pidana penjara lima tahun serta lebih.