Sumbar [alokasikan|anggarkan Rp940 juta untuk mitigasi bencana

pemerintah provinsi sumatera barat (sumbar) anggarkan dana sebesar rp934 juta supaya mendanai pelaksanaan rencana mitigasi bencana dalam tahun anggaran 2013.

dari tersebut bersumber daripada apbd sumbar 2013 serta [dialokasikan|dianggarkan dalam pos anggaran badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) selaku satuan perangkat pemerintah daerah (skpd) pelaksana urusan penanganan bencana, papar gubernur sumbar irwan prayitno dalam padang, rabu.

program mitigasi bencana ini diselenggarakan dalam empat aktifitas yang dilakukan bpbd sumbar melibatkan bagian pihak terkait yang lain.

disamping itu, pemprov juga mengalokasikan anggaran untuk membiayai pelaksanaan website peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana sebesar rp3,36 miliar yang serta bersumber dari apbd 2013.

Lainnya: Dealer Honda Jakarta - Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda Jakarta

program peningkatan kesiapsiagaan pada bencana dilaksanakan selama delapan aktifitas. pelaksanaan kegiatan-kegiatan mitigasi serta peningkatan kesiapsiagaan kepada bencana, tenntang kondisi provinsi sumbar dan dibuat supermarket bencana alam, karena banyaknya bidang bencana alam dan mengancam wilayah ini.

selain bencana alam, sumbar serta terancam bencana akibatkan manusia semisal konflik sosial, endemi wabah penyakit dan kegagalan teknologi, katanya.

ancaman bencana itu diantara lain akibatkan posisi sumbar terletak gampat ditempuh dengan pertemuan lempeng indo-australia juga euro asia pada samudera hindia sebelah barat mentawai juga dilalui patahan semangka daripada solok selatan hingga pasaman.

selain tersebut, peraturan gempa indonesia (sni-1726 2002) menempatkan sumbar untuk salah Satu wilayah dan mempunyai percepatan gempa maksimum (pga) tertinggi selama indonesia.