Pengamat: dialog harus terus diupayakan di Suriah

dialog diantara kelompok oposisi serta rezim yang berkuasa selama suriah adalah langkah terpenting dan paling memungkinkan untuk menyelesaikan konflik serta mewujudkan perdamaian di negara itu, papar peneliti lipi hamdan basyar.

selain dialog, paling bisa saja sikap berbesar hati presiden bashar al-assad supaya lengser, kata hamdan ketika dikontak selama jakarta, selasa.

menurut hamdan, kedua pihak -- oposisi juga rezim presiden bassar -- kini selalu mengumpulkan kekuatan dengan melancarkan diplomasi ke negara-negara lain. liga arab telah memberi dukungan terhadap oposisi di konferensi tingkat tingginya pada akhir maret 2012.

namun, ujarnya, upaya oposisi supaya memperoleh pengakuan daripada pbb, ingin sulit karena tekanan daripada rusia dan china, dijadikan pendukung utama presiden bashar.

hamdan menyampaikan oposisi cuma ingin mendapat dukungan sebagian negara-negara arab, tapi tak di pbb, terutama selama ketika sidang majelis umum pbb pada september kedepan.

Informasi Lainnya:

kursi di pbb masih hendak milik bashar, rusia memiliki kekuatan selama pbb, ujarnya.

rusia, yang dan anggota komite mandat majelis publik, sudah dengan penuh mengatakan tekadnya supaya menghadang langkah diplomasi oposisi suriah ke pbb.

pada akhir maret duta besar rusia agar pbb vitaly churkin mengatakan pengakuan pada oposisi suriah hendak melemahkan posisi pbb dalam mata dunia.

konflik dan telah berkepanjangan ini sudah mesti segera dituntaskan, rakyat suriah menunggu legowo bashar juga dan paling utama banyak diskusi untuk rekonsiliasi, tutur hamdan.

hamdan menungkapkan kini pbb juga kesulitan agar melaksanakan konflik ini. semua langkah dewan keamanan pbb, yang mengecam bashar sebab pertumpahan darah dan terjadi, sudah tiga kali diveto oleh china dan rusia.

dunia menanti dialog perdamaian, resolusi pbb yang mengecam bashar sudah diveto terus, aksi pbb seterusnya mau mendapat tekanan dari rusia, katanya.

direktur diplomasi indonesia center for democracy, diplomacy and defense (ic3d), jakarta, ludiro madu, dan dikontak dengan terpisah menungkapkan langkah awal politik damai lebih dibutuhkan ketimbang sekadar dukungan negara-negara liga arab pada grup oposisi suriah.

menurut ludiro, diplomasi regional liga arab perlu diarahkan pada usaha menemukan opsi-opsi perdamaian bagi suriah.

perang saudara berkepanjangan antara pihak oposisi melalui pemerintahan presiden bashar perlu langsung diakhiri demi mengurangi korban selama diantara warga suriah.

berbagai negara serta menungkapkan dukungannya supaya terwujudnya diskusi perdamaian pada suriah. aljazair serta bahrain menyatakan dialog adalah satu-satunya penyelesaian kepada krisis selama suriah.

untuk menyelesaikan krisis suriah, tak dapat diselenggarakan atas inisiatif negara arab (qatar dan arab saudi), turki, israel, amerika serikat serta barat (inggris dan prancis) yaitu dengan mengucilkan presiden bashar.