TNI siap layani SMS pengaduan masyarakat

tni bekerja sama dengan empat pengusaha toko jasa telekomunikasi (provider) untuk melayani pesan singkat (sms) gateaway pengaduan dan laporan penduduk dengan kode akses 1978 dengan mudah serta cepat.

inspektur jenderal (irjen) tni letjen tni geerhan lantara, mewakili panglima tni menandatangani perjanjian kerja sama perihal layanan sms gateway melalui empat penyelenggara jasa telekomunikasi (pt. telekomunikasi selular tbk, pt indosat tbk, pt. telekomunikasi indonesia tbk, dan pt xl axiata tbk) dalam aula gatot subroto mabes tni cilangkap, jakarta timur, selasa.

layanan sms gateway melalui kode akses 1978 merupakan upaya pelayanan pengaduan masyarakat (dumas) tentang kinerja tni.

dengan adanya sistem masih itu, diinginkan masyarakat bisa mencatat setiap tindakan prajurit tni yang melanggar ketentuan berlaku.

Informasi Lainnya:

inspektur jenderal (irjen) tni letnan jenderal tni geerhan lantara, menungkapkan, layanan sms ini dijadikan bentuk kepedulian tni pada upaya mencegah dan meminimalisir kemungkinan adanya penyimpangan / pelanggaran dalam penyelenggaraan tugas pokok tni, dan realisasi komitmen tni pada upaya menciptakan transparansi juga reformasi birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah menuju pemerintahan dan bersih juga bagus (clean government and good governance).

sistem ini ingin memantau setiap aksi prajurit tni yang melanggar ketentuan yang berlaku, ujarnya seraya menyatakan keempat provider hendak bisa mentransfer Informasi daripada warga ke server milik tni.

kami bertujuan untuk menjalankan akses kontrol sosial. setiap permasalahan dan ditampilkan di luar dan dilaporkan penduduk, hendak kami bahas serta dipastikan ingin diselesaikan berdasarkan kebenaran, tutur geerhan.

menurut dia, panglima tni sangat konsern menuntaskan sebuah permasalahan yang terjadi dan menggandeng anggotanya. penyampaian info dan betul juga amat diperlukan untuk menuntaskan sebuah permasalahan.

irjen tni menambahkan, layanan ini dan untuk memberdayakan warga di rangka ikut serta mewujudkan penyelenggaraan negara dan bersih juga bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme termasuk tni dapat memperbaiki pelaksanaan tugasnya pas dengan harapan masyarakat.

geerhan mengharapkan, layanan single number kode akses `1978` kedepannya dapat menampung ada partisipasi warga selama rangka pengawasan pada kinerja tni dengan khusus. mou tersebut sendiri mau berlaku di tiga tahun agar kemudian diperbaharui sesuai melalui perkembangan teknologi.

adapun prosedur teknis pelaksanaan partisipasi warga melalui pesan pendek diantara lain pengirim mengirimkan pesan pendek ke tni melalui nomor 1978. 2012, operator melayani pesan pendek daripada pengirim dan meneruskannya dalam jenis data ke aplikasi server tni yang diakses dengan internet.

selanjutnya server tni melayani data serta masuk ke dalam aplikasi server tni. tarif uang yang dimanfaatkan merupakan sama melalui tarif pesan pendek biasa sesuai melalui tarif normal. jadi, tidak perlu sungkan-sungkan agar mengkritik kinerja tni, katanya.