Korea Utara normal-normal saja, kata turis

keadaan di lapangan selama korea utara normal dan tenang, kendati ketegangan memuncak di semenanjung korea juga ada peringatan pyongyong kepada kedubes-kedubes asing agar hengkang dari utara.

kesaksian ini diutarakan para turis juga pemandu wisata ke negeri itu, tulis kantor berita afp, sabtu.

beberaja produk lalu utara mengeluarkan peringatan kiranya mereka tak mampu menjamin keamanan kedubes-kedubes asing jika perang pecah.

namun kaum turis tetap mengunjungi ada besar wilayah negeri terisolir itu, sementara beberapa kelompok turis balik dulu ke beijing sabtu ini.

Informasi Lainnya:

kami senang bisa kembali tapi kami tidak merasakan kengerian sewaktu berada di sana, tutur tina krabbe, dari denmark, dan kembali dalam korea utara pada lima hari. tak terasa ada ketegangan pada kota. kami sungguh baik-baik saja.

seorang turis hongkong berusia 15 tahun yang tur mempelajari ke korea utara menambahkan, ibuku mengira perang ataupun sebangsa itu sedang berkecamuk.

namun yang kami lihat segalanya damai. sama alternatif tidak ada konflik...tak banyak kekacauan.

para turis ini menyatakan mereka mampu menonton siaran berita daripada bbc pada hotel-hotel dan diperuntukan terhadap orang asing.

sepasang laki-laki serta wanit beraksen amerika, dengan hanya membawa tas tanpa cenderamata, menolak diwawancarai serta menyampaikan mereka dilarang berbicara kepada media.

nicholas bonner, pendiri koryo tours, yang mengorganisasi perjalanan ke korea utara dari 20 tahun lalu dan masih saja mengunjungi negeri itu pekan kemarin, menyampaikan kehidupan di sana berjalan normal semisal biasa.

kepada afp dia mengatakan orang-orang korea utara tetap beraktivitas semisal biasa, pariwisata dan terus berlangsung, sementara penduduknya sangat ramah. berbagai orang hanya berharap ketegangan ini berakhir.

turis barat ke korea utara tetap sempit jumlahnya. keterasingan korea utara amat bagus agar didatangi turis-turis ini.

pemanda wisata koryo tours amanda carr, beranjak ke negeri ini pilihan sebulan, juga baru saja kembali sabtu ini daripada dua hari berwisata. dia menyatakan saat ini tak jauh berbeda daripada sebelumnya.

hari libur 2012 orang-orang menggarap hal dan publik mereka kerjakan sewaktu libur, mengisi masa bersama keluarga, seluruh orang menglakukan kehidupan rutinnya biasanya berwisata, papar dia.

namun turis-turis tidak mampu membeli ponsel 3g supaya mengakses online, demikian afp.

kepada amanda carr, para pemandu lokal berkata selama dia bahwa pihak korea utara sama seklai tak cemas juga tak khawatir, mereka yakin negaranya kuat dan pemimpinnya lumayan kuat untuk menuntun mereka ke jalan dan benar.